MEREMOTE KOMPUTER LEWAT HANDPHONE II (KHUSUS ANDROID)

MEREMOTE KOMPUTER LEWAT HANDPHONE II (KHUSUS ANDROID)


Untuk kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tip dan trick bagai mana meremote komputer kita atau pc memngunakan smartphone android, berhubung postingan pertama meremote komputer hanya dapat melalui smartphone nokia, nah kali ini saya akan memperkenalkan teman-teman semuanya sebuah aplikasi yang nantinya sangat berguna dalam meremote komputer kita salah satunya yaitu Unfied Remote Control, dengan Unfied Remote Control ini yang telah diinstal di smartphone nndroid anda bisa mengendalikan PC, komputer atau perangkat lainnya berbasis Windows.

Dikembangkan oleh Unified Intents, Unified Remotes memiliki fungsi utama untuk mengubah perangkat Android ke bentuk remote control WiFi atau Bluetooth yang dapat digunakan untuk mengontrol program favorit Anda, mouse dan keyboard. Dengan aplikasi ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli wireless remote mouse atau keyboard. Unified Remotes memiliki berbagai keunggulan seperti:

  • Dukungan WiFi (TCP/ UDP) dan Bluetooth
  • Pengaturan server dan aplikasi setup yang mudah
  • Deteksi server otomatis
  • Server manager yang komprehensif
  • Custom/ Android keyboard support
  • Single/ multi touch mouse
  • Hardware volume control
  • Auto-pause media untuk panggilan telepon

Untuk mengunakan aplikasi ini agar bisa berjalan pada smartphone android anda dan juga komputer anda maka diperlukan beberapa syarat, syarat ini diperlukan agar aplikasi ini berfungsi maksimal pada komputer anda, adapun syarat-syaratnya adalah :

Untuk Smarthphone
a. Smartphone harus bersistem oprasi Android
b. Smartphone harus mempunyai sistem konektivitas, yaitu bluetooth atau wifi hostspot
c. Smartphone sudah diinstal Unfied Remote Control
d. Smartphone harus bisa  terhubung dengan PC 

Untuk PC
a. PC harus bersistem oprasi Windows, Mac, dan Linux
b. PC harus mempunyai sistem konektivitas, yaitu bluetooth atau wifi hostspot
c. PC sudah diinstal aplikasi Unfied Remote Control
d. PC harus bisa terhubung dengan Smartphone 

Setelah Bicara mengenai segi fitur, tentu saja dengan melihat kelebihan-kelebihan dari Unified Remotes pastilah sangat menjanjikan. Secara garis besar aplikasi remote komputer jarak jauh ini memiliki enam kategori fungsi Adding a server, Preferences, Keyboard & Mouse, Navigation & Task Manager, File Explorer & Power, dan Players.

Pertama dari segi Adding a server, sekali server telah di-setup keseluruhannya dan telah di-install di perangkat Android Anda maka akan muncul layar muka yang bertuliskan Add a server kemudian Anda cukup men-tap opsi Yes. Pada opsi Add a server, penambahan bisa dilakukan secara otomatis ataupun manual. Dengan memilih Automatic akan lebih mudah dan cepat untuk menambah server dan perangkat Android akan mencari server yang kompatibel dan menyediakan daftarnya. Karena aplikasi Unified Remotes mampu menggunakan banyak server dalam pengoperasiannya dengan kata lain aplikasi ini kompatibel untuk multiple server pada multiple PC.

Kedua dari segi Preferences, sebelum Anda menggunakan opsi Remotes akan lebih baik jika menjelajahi opsi Preferences terlebih dahulu. Jika Anda menginginkan aplikasi dan client connection tetap bekerja bahkan saat aplikasi ini ditutup, pastikan opsi Keep Alive diaktifkan. Theme and Layout merupakan aplikasi mempercantik Unified Remotes untuk memilih tema warna untuk tampilan aplikasi ini dan juga opsi untuk menampilkan secara list atau grid.

Ketiga, untuk fitur wireless Mouse dan Keyboards tersedia dalam dua jenis full keyboard dan numeric pad yang bisa digunakan untuk memasukkan angka-angka dengan cepat dan mudah. Untuk memilih bahasa yang digunakan, Anda bisa menekan opsi Menu di layar. Pada fungsi basic input dan scroll pad merupakan penempatan mouse Anda agar tepat. Respon pada remotes ini sangat mengagumkan bahkan pada fungsi basic input, Anda dapat memanggil default keyboard Anda kapanpun.

Keempat, Navigation dan Task Manager. Pada opsi Navigation disediakan berbagai direksi kunci seperti Esc, Backspace, Tab, dan Alt keys. Aplikasi ini juga menyediakan fitur Task Manager untuk melihat apa saja yang sedang bekerja di PC Anda sehingga fitur ini juga bisa mengawasi orang yang sedang menggunkan PC Anda. Beberapa opsi seperti Details, Switch to dan Kill sangatlah berguna terutama tombol Switch to dan Kill yang melakukan tugas yang sama pada opsi yang sama di Windows Task Manager.

Kelima, fitur File Explore dan Power. Sebagai pengontrol PC jarak jauh fitur File Explorer sangatlah penting karena dengan ini Anda bisa menjelajahi setiap detail komputer Anda bahkan Unified Remotes bisa menggunakan fungsi cut/copy/paste. Satu lagi yang membuat aplikasi ini sangat mengagumkan adalah menjelajahi Task Manager sama halnya dengan menjelajah dengan Start Menu pada komputer. Dari segi power, aplikasi ini juga dapat membangunkan PC melalui LAN servis dan juga mematikan PC dari jarak jauh.

Dan yang terakhir adalah fitur Players tentu saja yang dimaksud di sini adalah media players. Beberapa media players yang bisa dikontrol melalui Unified Remotes antara lain General Media, Windows Media Player, VLC, Windows Media Center, YouTube dan Slide Show. Fungsi pengontrol media players sangatlah berguna terutama jika Anda sedang menonton film di PC Anda dari tempat tidur sehingga Anda tidak perlu sulit-sulit untuk mengatur media players Anda.


Setelah kita tahu keunggulan, syarat dan fitur didalam unfied remote control maka sebelum mengetahui cara pengunaanya kita harus mempelajari beberapa hal, Yaitu :

  • Pertama, Instal aplikasi Unfied Remote Control untuk smartphone dari Google Play (Versi Gratis) atau Blackmarket (Versi Bayar) untuk menginstalnya dari blackmarket cukup dengan mensetting komputer anda dengan cara-cara yang telah ada, bagi yang belum mengerti silahkan searching di Google.
  • Kedua, Instal aplikasi Unfied Remote Control untuk komputer  di situ Unfied Remote Contro pilih katagori untuk PC dan install sesuai sistem oprasi computer kamu. untuk mengistal aplikasi ini silahkan juga anda mempelajarinya dari Google.
Untuk cara pengunaannya maka kita harus mempelajari hal ini karena ini sangat bergantung kepada kita calon pemakainya perhatikan dengan seksama
  • Pertama, sekali aktifkan bluetooth atau wifi di komputer anda, dan jalankan aplikasi Unfied Remot Control di PC anda
  • Kedua, aktifkan bluetoot atau wifi hostpot di komputer anda
  • Ketiga, sambungkan koneksi smarthpone dengan PC anda melalui Bluetooth atau Wifi hostphot
  • Keempat, buka aplikasi Unfied Remote Control di smartphone anda dan jalankan
  • Kelima,  pilih menu server dan buka pilihan automatik
  • Keenam, apabila telah tersambung, maka pilihlah menu sesuai dengan fungsi remote yang anda inginkan 


SELAMAT MENCOBA

Source : 



Komentar