DENTAL PUBLIC HEALTH (DPH)


Dental Public Health (DPH)

Dental Public Health (DPH) atau Ilmu Kesehatan Gigi Masyarat dan Pencengahan merupakan penerapan ilmu kedokteran gigi (ilmu kedokteran gigi dasar dan kedokteran gigi klinik) pada masyarakat derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehatan gigi individu, keluarga maupun komunitas yang disebabkan berbagai faktor termasuk lingkungan dan demografi, melalui pendekatan promotif, preventif, edukatif dan pengendalian penyakit gigi dan mulut serta peningkatan kualitas hidup, Ilmu kesehatan gigi pencegahan dan ilmu kedokteran gigi masyarakat mencakup ilmu-ilmu dasar dan terapan untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi masyarakat dan mencegah penyakit gigi dan mulut di masyarakat. Dengan bidang kajian yang tidak hanya meliputi individu, tetapi seluruh masyarakat, dibutuhkan kemampuan untuk upaya terorganisasi di masyarakat dalam upaya proteksi spesifik dan promosi kesehatan gigi dan mulut, pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut seluruh keluarga, komunitas dan penduduk di suatu wilayah.

Program- Program Dental Public Health (DPH) atau Ilmu Kesehatan Gigi Masyarat dan Pencengahan yang dilakukan akademik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah adalah :
  • Survey epidemologi kesehatan gigi dan mulut diwilayah tertentu
  • Pengenalan dan Pemahaman Kesehatan di Dinas Kesehatan Kota
  • Pengenalan dan Pemahaman Puskesmas di Puskesmas yang ditentukan
  • Penyuluhan berbasis Ilmu Kesehatan Gigi Masyarakat diwilayah tertentu
Survei Epidemiologi Kesehatan Gigi Mulut

Salah satu cara pengumpulan data penyakit gigi dan mulut dilihat dari perilaku dan faktor-faktor yang berhubungan dengan masalah kesehatan gigi dan mulut. Tujuan nya adalah Mengumpulkan data penyakit gigi dan mulut, mengolah dan menyajikan data, dan memperoleh gambaran atau profil tentang kesehatan gigi dan mulut. Indikasinya sekelompok masyarakat yang belum diketahui dan ingin diketahui gambaran atau profil tentang kesehatan gigi dan mulut sedangkan kontra indikasinya sekelompok masyarakat yang menolak dilakukan survey. Dalam survey harus persiapkan alat dan bahan serta prosedur lapangan juga harus ada dukungan sumber.

Kalibrasi

Suatu kegiatan yang dilakukan sebelum survey epidemiologi dilaksanakan apabila pemeriksaan lebih dari satu. Tujuannya untuk memperoleh kesamaan persepsi dalam pengukuran variable. Kriteria sasaran komunikasi 10 - 20 orang masyarakat yang akan disurvei. Peralatan dan bahan, prosedur, tenaga medis, lokasi tindakan dan dukungan sumber.

Wawancara

Suatu kegiatan yang dilakukan pada waktu survey epidemiologi berupa tanya jawab, Tujuan nya adalah untuk memperoleh data perilaku komunikasi dalam survey epidemiologi. Kriteria sasaran komunikasi sebagai responden survey epidemiologi. Dalam wawancara ada alat dan bahan, ada prosedur wawancara, tenaga medis, lokasi tindakan dan dukungan sumber.

Pemeriksan Oral

Suatu kegiatan yang dilakukan pada waktu survey epidemilogi berupa pemeriksaan dalam mulut. Tujuannya adalah untuk memperoleh data kesehatan gigi dan mulut yang bisa diperiksa di dalam mulut responden seperti karies gigi. Kriteria sasaran komunikasi yang terpilih sebagai responden survey epidemiologi. Peralatan dan bahan, prosedur, tenaga medis, lokasi tindakan, dukungan sumber.

Dental Public Health (DPH) atau Ilmu Kesehatan Gigi Masyarat dan Pencengahan di Puskesmas.

Dental Public Health (DPH) atau Ilmu Kesehatan Gigi Masyarat dan Pencengahan merupakan suatu program yang dikurikulumkan oleh bagian akademik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah yang diwajibkan kepada seluruh mahasiswa yang sedang menjalani praktek kepaniteraan klinik. Progam ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota serta Puskesmas Lubuk yang ditentukan selama waktu yang ditentukan. Mahasiswa juga wajib mengetahui seluruh kegiatan yang dikerjakan oleh staf yang ada didalam Puskesmas Lubuk Begalung .

Tujuan Umum

Dental Public Health (DPH) atau Ilmu Kesehatan Gigi Masyarat dan Pencengahan ini bertujuan agar mahasiswa yang mengadakan praktek kerja lapangan mengetahui kegiatan kegiatan yang dilakukan didalam dan diluar Puskesmas. Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi promosi kesehatan, pencegahan, perawatan, maupun pemulihan kesehatan untuk meningkatkan kesadaran maupun pengetahuan masyarakat tentang kesehatan gigi dan mulut.

Tujuan Khusus

Dental Public Health (DPH) atau Ilmu Kesehatan Gigi Masyarat dan Pencengahan merupakan sarana bagi mahasiswa kedokteran gigi untuk mengetahui program - program dan kegiatan yang dijalankan di Dinas Kesehatan Kota Padang. Diharapkan dengan program DPH dapat membentuk sarjana kedokteran gigi yang keberadaannya membawa manfaat bagi masyarakat. Adapun tujuan program Dental Public Health ini adalah :
  • Mengamati dan mematuhi proses pelaksanaan suatu kegiatan yang dilaksanakan di puskesmas secara langsung dan praktis.
  • Mengamati dan mengetahui unsur - unsur yang terkait dalam suatu kegiatan di puskesmas baik dari struktur maupun manajemen sehingga kegiatan tersebut dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.
  • Menambah wawasan dan pemahaman ilmu yang telah diperoleh pada preklinik dan membandingkan dengan praktek dilapangan.
  • Mengenal dunia kerja kedokteran umumnya dan kedokteran gigi khususnya.

Untuk mempertanggung jawabkan hasil dari program Dental Public Health (DPH) atau Ilmu Kesehatan Gigi Masyarat dan Pencengahan maka dibutuhkan suatu laporan yang bertujuan untuk mengetahui segala kegiatan yang dilakukan baik dalam puskesmas, maupun survey epidemologi kesehatan gigi dan mulut, berikut merupakan contoh dari satu laporan di Puskesmas Lubuk Begalung, diharapkan nantinya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan diharapkan adanya perbaikkan untuk meningkatkan pengetahuan tentang  Dental Public Health (DPH) atau Ilmu Kesehatan Gigi Masyarat dan Pencengahan

Laporan Kegiatan DPH Puskesmas Lubuk Begalung


Source







Komentar